Category Archives: Berita

  • 0

Bantu Perekonomian Warga Sekitar, Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Maccini Baji Gelar Kegiatan Padat Karya

KawanLaut, Wakil Komisi V DPR-RI, Andi Iwan Darmawan Aras melakukan launcing kegiatan padat karya Direktorat Perhubungan Laut Provinsi Sulawesi Selatan.

Launcing bersama kegiatan Padat karya dilaksanakan bersama KSOP Parepare, UPP Kelas II Garongkong, UPP Kelas II Maccini Baji, dan UPP Kelas II Bajoe dan di Kantor KSOP Parepare. Sebanyak 210 peserta yang tersebar dikantor – kantor tersebut yang berlangsung pada hari Jumat (18/6/2021).

Dalam sambutannya, Andi Iwan mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak kepada seluruh aspek, mulai agama pendidikan dan sektor pekerjaan. Hal itu kata dia, membuat dampak perekonomian terpuruk termasuk industri transportasi laut dan darat.



Kedepan legislator Gerindra ini berharap, program Padat Karya itu lebih dimaksimalkan, agar dapat menjadi solusi membantu masyarakat melewati masa-masa pandemi hingga berlangsung normal.“Kita akan melihat sejauh mana program ini bisa menyetuh masayarakat dan berharap pendemi segera berakhir,” tandasnya.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Maccini Baji dibuka oleh Kepala Kantor Kelas II Maccini Baji Ibu Capt. RAMLAH, S.Si.T., M.H., M.Mar. Turut hadir dalam dalam Kegiatan Padat Karya tersebut anggota komisi V DPR RI Bapak H. Andi Iwan Darmawan Aras, S.E., M.Si, unsur muspida, TNI dan Polri Kab. Pangkajene dan Kepulauan.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Maccini Baji menjelaskan, penyelenggarakan Kegiatan Padat Karya Tahun 2021 dalam rangka membantu perekonomian warga di tengah masa Pandemi Covid-19. Kegiatan berlangsung dengan melibatkan 60 orang masyarakat sekitar, Peserta merupakan para kaum marginal dan nelayan kecil serta pekerja buruh harian yang terkena dampak PHK akibat pandemi Covid-19.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun pola hidup produktif bagi masyarakat dan menciptakan kondisi lingkungan yang lebih bersih serta membantu warga sekitar yang terkena dampak dampak PHK akibat pandemi Covid-19.

#TransportasiMaju
#EkonomiBangkit
#PadatKarya
#uppmaccinibaji


  • 0

Pakai Baju Adat Sulawesi Utara, Kepala Syahbandar Maccini Baji Pimpin Upacara Harhubnas

Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Maccini Baji menggelar upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional di Pelabuhan Maccini Baji, Labakkang, Selasa (17/9/2019).

Steady Lantang beserta seluruh jajaran Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Maccini Baji terlihat memakai pakaian adat. Budaya pakai baju adat ini sudah diterapkan beberapa waktu lalu untuk setiap Selasa.

Steady mengenakan baju adat Sulawesi Utara dengan warna merah disertai corak emas. Ia juga memakai kain dan kopiah kepala khas Sulawesi Utara.

Hari perhubungan nasional kita peringati setiap tanggal 17 September. Makna mendalam untuk intropeksi di sektor kemenhub. Keragaman dan perbedaan, tugas-tugas pelosok atas insan perhubungan dan tugas-tugas mulia untuk memajukan sektor pariwisata prioritas.


  • 0

Ratusan Orang Ikut Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Pangkep

Ratusan warga dari berbagai kalangan ikut serta membersihkan pantai di Dermaga Maccini Baji, Kelurahan Pundata Baji, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, Kamis (12/9/2019). Kegiatan ini bagian dari Gerakan Bersih Laut dan Pantai dari Kementerian Perhubungan.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Maccini Baji, Steady Lantang, mengatakan Gerakan Bersih Laut dan Pantai dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka Hari Perhubungan Nasional. Kegiatan ini dicatat masuk dalam rekor MURI.

“Dari data peserta, yang hadir di sini 700 orang lebih. Pesertanya dari kami sendiri UPP Maccini Baji, kepolisian, TNI, PT Semen Tonasa dan pelajar dari SD sampai SMA,” kata Steady.
Kegiatan ini mengambil tema ‘Laut Bersih Bikin Baper’. Steady menyebut tujuan kegiatan untuk mengurangi sampah plastik di pantai dan laut. Dari data Badan Pusat Statistik, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun, dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut dan berbahaya bagi keberlangsungan ekosistem di laut.

“Kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat untuk mengurangi dan tak lagi membuang sampah plastik, khususnya di laut. Mari menjaga kebersihan lingkungan dan mempertahankan apa yang kita lakukan hari ini,” ucapnya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai dan laut kita,” kata Abbas.

Kepala Dinas Perhubungan Pangkep, Abbas Hasan, yang mewakili Bupati Pangkep menyampaikan apresiasi pemerintah daerah terhadap kegiatan ini. Menurutnya sebagai kabupaten dengan wilayah 60 persen laut, seluruh pihak tidak boleh abai terhadap masalah kelautan.

Sumber : makassar.sindonews.com


  • -

Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Maccini Baji

               Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Maccini Baji merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Perhubungan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Perhubungan melalui Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 72 Tahun 2021 Perubahan Keempat atas KM 62 Tahun 2010 Tentang Organisasi dan Tata Cara Kerja Kantor Uni Penyelenggara Pelabuhan yaitu melaksanakan pengaturan, pengendalian, dan pengawasan kegiatan kepelabuhan, keselamatan dan keamanan pelayaran pada pelabuhan, serta penyediaan dan pelayanan jasa kepelabuhan yang belum diusahakan secara komersial.

             Secara Geografis Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Maccini Baji terletak di koordinat 4°46’29.2″ LS , 119°29’32.6″ BT kurang lebih  65 kilometer dari Kota Makassar. Masuk ke dalam wilayah Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. Wilayah Kerja Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Maccini Baji berjumlah 12 (dua belas) wilayah kerja (Wilker) yang tertuang dalam Peraturan Menteri nomor PM 77 Tahun 2018 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 62 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan.

              Wilker Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Maccini Baji meliputi 1 (satu) wilker berada di daratan (Wilker Biringkassi) dan 11 (sebelas) wilker berada di kepulauan (Wilker Pulau Sabutung, Balang Lompo, Dewakang Lompo, Doang-doangang Caddi, Kalukalukuang, Pamantauan, Balobaloang, Longkoitang, Sapuka, Sailus dan Kapoposang Bali) yang tersebar di 5 (lima) kecamatan (Pangkajene, Liukang Tupabbiring, Liukang Tupabbiring Utara, Kalukuang Masalima dan Liukang Tangaya) dengan luas wilayah perairan 11.464,44 km2 (berdasarkan analisis Bakosurtanal), dan merupakan alur pelayaran Internasional/Alur laut kepulauan Indonesia (ALKI)-II.

               Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Sulawesi Selatan dengan wilayah yang cukup luas dan terdiri atas tiga dimensi perwilayahan yaitu daratan, kepulauan, dan pegunungan. Dimensi ruang tersebut sangat mewarnai kehidupan penduduknya dengan profesi yang beraneka ragam seperti petani, nelayan, pegawai, pekerja tambang, pedagang, dan kegiatan jasa lainnya. Wilayah yang sangat luas yang terdiri atas kota, daerah daratan, dan pulau-pulau yang cukup jauh letaknya mengakibatkan peranan jasa perhubungan utamanya sub-sektor perhubungan laut sangat penting untuk memobilisasi penduduk khususnya yang bertempat tinggal di pulau-pulau yang berjumlah 117 buah. Keterisolasian daerah dapat diatasi dengan penyediaan jasa perhubungan baik yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun swasta yang secara bersama-sama memberi pelayanan sehingga masyarakat di daerah ini dapat menikmati hasil-hasil pembangunan dan turut serta berperan dalam pembangunan.


  • 0

Peduli Korban Gempa Palu & Donggala, Kantor UPP Biringkassi Salurkan Paket Logistik dan Bantuan

Kementerian Perhubungan melalui Kantor Unit Penyelenggara Kelas III Biringkassi, Pemerintah Daerah Kab. Pangkep serta PT. Semen Tonasa sinergi dengan sejumlah elemen masyarakat mengirim bantuan ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah melalui jalur laut setelah gempa dan tsunami mengguncang wilayah tersebut pada Jumat 28 September 2018.

Jenis bantuan yang dikirimkan berupa obat-obatan, makanan siap saji, telur, pakaian layak pakai dan minuman. Bantuan tersebut diangkut melalui kapal milik PT. Tonasa Lines di Pelabuhan Biringkassi, Pangkep, Selasa (2/10).

Sebelum kapal bertolak telah terjadi Penandatangan Surat Persetujuan Berlayar di atas Kapal oleh Syahbandar Biringkassi, Ibu Mewawaty Agustini, SH., MM dan disaksikan oleh Bupati Pangkep H. Syamsuddin A. Hamid, SE bersama Direktur utama PT. Semen Tonasa Bapak Muh Subhan AK, Kapolres Pangkep dan Dandim 1421.

Semoga dengan bantuan ini, masyarakat Palu dan Donggala yang terkena dampak bencana Gemba Bumi dan terjangan Tsunami dapat sedikit meringankan beban hidupnya serta tersedia untuk kebutuhan hidup sementara.


  • 0

Pisah Sambut Pejabat Lama dan Pejabat Baru Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi – Agustus 2018

Rabu (15/8) bertempat di Ruang Rapat Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi telah berlangsung penandatanganan berita acara serah terima jabatan dan pisah sambut Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi dari H. Muhammad Adam Sabri T, SE., MM. kepada Mewawaty Agustini SH., MM., H. Muhammad Adam Sabri T, SE., MM. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi menjadi Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pulau Bunyu. Sementara Mewawaty Agustini SH., MM. yang sebelumnya menjabat sebagai Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Toli-toli menggantikan posisi H. Muhammad Adam Sabri T, SE., MM. sebagai Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi.

Muhammad Adam Sabri T, SE., MM. dalam sambutannya, berharap dan berpesan kepada Kepala Kantor yang baru dan seluruh pegawai untuk terus melanjutkan program-program kerja yang selama ini belum terealisasi dan meningkatkan yang sudah berjalan. “Selalu ikuti perintah dan arahan pimpinan untuk kemajuan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi”, pintanya.

Pada kesempatan yang sama Mewawaty Agustini SH., MM. selaku Kepala Kantor yang baru dalam sambutannya mengatakan siap akan melanjutkan dan meningkatkan program-program kerja yang sudah berjalan maupun yang belum terealiasasi sebagai tugas dan amanahnya yang diemban, tentu dengan dukungan dari pejabat setempat dan seluruh pegawai Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi.

Sementara Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi Mewawaty Agustini SH., MM. mengharapkan semua pemangku kepentingan di Pelabuhan Biringkassi beserta Pelabuhan-Pelabuhan yang termasuk wilayah kerja Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi bisa bersinergi untuk membuat layanan di pelabuhan lebih baik lagi. Selalu jaga profesionalisme, peralatan, mekanisme dan kekompakan dalam menjalankan tugas sesuai perintah khusus dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi, imbuhnya.


  • 0

Sosialisasi Keselamatan Transportasi Laut

Secara Geografis Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi terletak di koordinat 4°-48′ – 51.5″ LS , 119°- 31′ – 21.2″ BT kurang lebih 60 kilometer dari Kota Makassar. Masuk ke dalam wilayah Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. Wilayah Kerja Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Biringkassi meliputi beberapa wilayah yaitu; Wilker Maccini Baji, Wilker Pulau Salemo, Wilker Pulau Sabutung, Wilker Pulau Balang Lompo, Wilker Pulau Matalaang, Wilker Pulau Kalukalukuang, Wilker Pulau Balobaloang, Wilker Pulau Sailus dan Wilker Pulau Sapuka.

Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Sulawesi Selatan dengan wilayah yang cukup luas dan terdiri atas tiga dimensi perwilayahan yaitu daratan, kepulauan, dan pegunungan. Dimensi ruang tersebut sangat mewarnai kehidupan penduduknya dengan profesi yang beraneka ragam seperti petani, nelayan, pegawai, pekerja tambang, pedagang, dan kegiatan jasa lainnya. Wilayah yang sangat luas sekitar 1.112,29 km2 yang terdiri atas kota, daerah daratan, dan pulau-pulau yang cukup jauh letaknya mengakibatkan peranan jasa perhubungan utamanya sub-sektor perhubungan laut sangat penting untuk memobilisasi penduduk khususnya yang bertempat tinggal di pulau-pulau yang berjumlah 117 buah. Keterisolasian daerah dapat diatasi dengan penyediaan jasa perhubungan baik yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun swasta yang secara bersama-sama memberi pelayanan sehingga masyarakat di daerah ini dapat menikmati hasil-hasil pembangunan dan turut serta berperan dalam pembangunan.

Kementrian Perhubungan melalui Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Pangkep mengadakan Sosialisasi Keselamatan Transportasi Laut dengan tema “UPAYA PEMERINTAH KABUPATEN PANGKEP UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN, KEAMANAN DAN TERPENUHINYA PERSYARATAN KESELAMATAN YANG MENYANGKUT ANGKUTAN DI PERAIRAN, KEPELABUHANAN DAN KEMARITIMAN” guna mensosialisasikan peningkatan keselamatan, keamanan dan pelayanan kapal penumpang khususnya kapal penumpang tradisional (Jolloro) yang melayani wilayah Pangkajene dan Kepulauan bertempat di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Pangkep, Selasa (24/10/2017).

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi Capt. KRISTINA ANTHON, S.SiT., MH sebagai narasumber dalam acara sosialisasi tersebut memaparkan betapa pentingnya keselamatan dalam berlayar. Dalam arahannya kepada juru mudi dan pemilik kapal beliau menghimbau kepada pemilik kapal agar wajib menyediakan life jacket (baju pelampung) sesuai jumlah daya muat penumpang.

Laut tidak hanya sebagai sebatas sumber daya alam namun juga sebagai sarana transportasi yang dapat diartikan bahwa pemanfaatan laut untuk kepentingan lalu­lintas pelayaran antar pulau, antar negara maupun antar benua, baik untuk angkutan penumpang maupun barang, maka perlu dijamin keamanan dan keselamatan pelayarannya lokal maupun internasional yang didukung dengan fasilitas keselamatan pelayaran seperti Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), telekomunikasi pelayaran, Kapal Negara Kenavigasian yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah penyelenggaraannya.

Selain itu, bahwa dengan luas wilayah laut dan pantai yang besar dan kondisi iklim yang semakin ekstrim, aktifitas pelayaran juga semakin rawan terhadap kecelakaan. Hal ini merupakan masalah atau tantangan di bidang keselamatan pelayaran. Untuk itu, semua pihak yang terkait dengan keselamatan pelayaran perlu mengantisipasi serta memiliki kesiapsiagaan terhadap perubahan iklim dan penyiapan terhadap sarana dan prasarana yang memadai.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi Capt. KRISTINA ANTHON, S.SiT., MH juga menekankan kepada seluruh pengguna jasa, Keselamatan dan keamanan merupakan hal yang utama dalam transportasi, bukan hanya lingkup nasional, juga termasuk internasional. Dalam upaya tersebut, di bidang kelautan Pemerintah terus meningkatkan pembangunan kenavigasian perkapalan, dan transportasi laut.

Diakhir acara Capt. KRISTINA ANTHON, S.SiT., MH memberikan Life Jacket (Baju Pelampung) kepada yang sudah hadir di Seminar, juru mudi dan dan pemilik kapal di wilayah kepulauan Kabupaten Pangkep.


  • 0

PISAMI (Piket Sabtu Minggu) Direktur KPLP Beserta Rombongan mengunjungi pelabuhan khusus Biringkassi

Rombongan pejabat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang melaksanakan Piket Sabtu-Minggu (Pisami) di Pelabuhan Biringkassi, Kabupaten Pangkep, Sabtu (30/9/2017) dipimpin langsung oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan H. Marwansyah, SH., MM., MH. guna memantau aktivitas pelabuhan dan seluruh fasilitas pelayanan umum dicek dan dipastikan aman dan laik dioperasikan.

Sampai di Makassar, Rombongan Pisami Direktur KPLP disambut oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Victor Vikki Subroto, MM., M.Mar.E., selanjutnya bertolak ke Pangkep, sesampainya di Pangkep rombongan disambut Kepala Kantor Unit Penyelenggara Kelas III Biringkassi Capt. Kristina Anthon, S. Si.T., MH dan jajaran staffnya kemudian dijamu beberapa makanan khas Sulawesi Selatan yang dibuat oleh ibu-ibu pegawai di Kantor Unit Penyelenggara Kelas III Biringkassi.

Berbagai fasilitas dan peralatan di Pelabuhan Khusus Biringkassi tak luput dari pantauan Pisami H. Marwansyah, SH., MM., MH. Direktur KPLP Kemenhub diantar keliling ke semua fasilitas terminal dan alat bongkar muat di Pelabuhan Khusus Biringkassi. Dalam kunjungan tersebut, banyak hal dicermati dan diminta untuk terus meningkatkan pelayanan ke masyarakat dan pengguna jasa. “Semua fasilitas utama terkait dengan keselamatan dicek dan dipastikan kelaikannya oleh Direktur KPLP,” ujar H. Marwansyah, SH., MM., MH, Direktur KPLP Kemenhub.

Seperti diketahui, Pelabuhan Khusus Biringkassi adalah pelabuhan khusus untuk bongkar muat Semen dan barang tambang lainnya yang mana merupakan produk dari salah satu BUMN di Indonesia, PT. SEMEN TONASA. Oleh karenanya, harus dioperasikan dengan baik dengan tingkat pelayanan prima.

Pelabuhan Maccini Baji adalah satu dari beberapa Wilayah Kerja Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi. Pelabuhan Maccini Baji tak luput dari pantauan dari DIrektur KPLP. Sesampainya di sana, Direktur KPLP melakukan pemantauan dan pengecekan Kapal Patroli KN.P 373 termasuk kecakapan awak kapal.

Dengan menggunakan Kapal Patroli KN.P 373, Rombongan Pisami Direktur KPLP Kemenhub patroli kawasan kolam putar dan tempat berlabuhnya kapal di Pelabuhan Khusus Biringkassi dan Pelabuhan Maccini Baji ditemani oleh Victor Vikki Subroto, MM., M.Mar.E. dan Capt. Kristina Anthon, S. Si.T., MH.

Direktur KPLP juga menekankan perlunya meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus keselamatan transportasi laut di Pelabuhan Maccini Baji, Kabupaten Pangkep itu.

“Dengan adanya kegiatan Pisami ini diharapkan adanya perhatian penguatan program dari Pemerintah Pusat ke Daerah seperti Kabupaten Pangkep untuk meningkatkan ekonomi.” Ujar Victor Vikki Subroto, MM., M.Mar.E.

“Kementerian Perhubungan harus tetap fokus meningkatkan keselamatan transportasi. Semua fasilitas dan alat bongkar muat di Pelabuhan harus dipastikan laik dan aman dioperasikan,” tandas Direktur KPLP.


  • 0

Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi Gelar Lomba dalam rangka Harhubnas Tahun 2017

Kementrian Perhubungan melalui Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi hari ini menggelar peringatan Hari Perhubungan Nasional, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi Capt. Kristina Anthon, S.SiT, MH beserta jajaran Staf, Dharma Wanita, Keagenan, Perwakilan dari TNI dan warga sekitar mengawali acara dengan melaksanakan Senam Bersama persis di halaman Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Selasa (19/9/2017).

Selain itu ada Lomba Pemasangan Atribut, Untuk kegiatan lomba memasang atribut kepangkatan pakaian dinas bagi para istri-istri pegawai yang bertujuan untuk membantu suaminya memasangkan atribut kepangkatan di baju dinas mereka dengan benar.

Selain itu, sesi pembagian hadiah doorprize kepada yang beruntung juga dinantikan oleh para Staf, Dharma Wanita, Keagenan, perwakilan dari TNI dan warga sekitar yang telah hadir sampai pada akhir acara.

“Hari ini juga bersama Kita tingkatkan solidaritas, sinergitas dan kerja sama dalam mewujudkan tranportasi yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah” tutup Capt. Kristina Anthon, S. SiT, MH selaku Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi.


  • 0

Perayaan Acara Puncak Hari Jadi Kabupaten Pangkep yang ke-57 di Pulau Camba-cambang

Hari Jadi Kabupaten Pangkep ke-57 Tahun 2017 diperingati berbeda dan lebih meriah. Kali ini puncak perayaan Ulang Tahun Kabupaten yang menjadi sentra bandeng ini dilehat pada hari Rabu (1/3/2017) di Pulau Camba-cambang, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkep, Sulsel. Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH dan Bupati Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Bapak H. Syamsuddin Hamid, SE beserta rombongannya.

Khususnya Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Biringkassi yang diberi kehormatan untuk mengantar Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH dan Bupati Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Bapak H. Syamsuddin Hamid, SE beserta rombongan bertolak ke Pulau Camba-Cambang dari Pelabuhan Maccini Baji menggunakan Kapal KN.P 373 milik Kantor Unit Penyelenggara Kelas III Biringkassi yang di nahkodai sendiri oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Kelas III Biringkassi, Capt. Kristina Anthon, S.SiT.

Sebelum bertolak menuju Pulau Camba-Cambang, Capt. Kristina Anthon, S.Sit memberikan sambutan kemudian mempersilahkan Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH dan Bupati Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Bapak H. Syamsuddin Hamid, SE beserta rombongannya untuk naik di Kapal KN.P 373.

Acara di mulai, Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH memberikan sambutan untuk warga Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang turut menghadiri acara tersebut. Dalam kesempatan ini Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH menyerahkan sejumlah bantuan ke Kabupaten Pangkep berupa anggaran Rp 1 miliar, dua unit kapal, lima motor sampah, dan 1.000 bibit kelapa. “Bantuan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, khususnya dalam pengembangan dan pengelolaan pulau yang strategis. Sehingga, Pangkep dapat mengikuti jejak Selayar yang mendunia berkat Takabonerate,” tutur dia pada peringatan Hari Jadi Pangkep ke-57 di Pulau Camba Cambang.

Gubernur mengungkapkan, Kabupaten Pangkep memiliki banyak pulau potensial yang bisa dikembangkan menjadi daerah pariwisata. Ia meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep menyiapkan satu pulau khusus yang bisa dikembangkan bersama untuk skala internasional.

Tak lupa, Bapak Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH menyampaikan apresiasi atas kemajuan Kabupaten Pangkep yang dicapai saat ini. Sementara itu, Bupati Pangkep, Bapak H. Syamsuddin Hamid, SE, mengatakan, peringatan Hari Jadi Pangkep sengaja dipusatkan di Pulau Camba Cambang, untuk ‎menunjukkan komitmen Pemkab Pangkep dalam membangun wilayah kepulauan.


April 2024
M S S R K J S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Arsip

Kategori